loading...

Monday 20 June 2016

PROSEDUR DAN METODE PELAKSANAAN PERSIAPAN TANAH DASAR (SUBGRADE PREPARATION)

PROSEDUR DAN METODE PELAKSANAAN PERSIAPAN TANAH DASAR (SUBGRADE PREPARATION)
(1) UraianPekerjaan
Metode kerja
PERSIAPAN TANAH DASAR
Tanah dasar (subgrade) merupakanbagiandaripekerjaan yang dipersiapkanuntukdasar lapis pondasiagregatbawah (sub-base) ataujikatidakterdapatsub-base, untukdasardari lapis pondasiatas (base) dariperkerasan. Subgrade
harusmencakupsepenuhlebarbadanjalantermasukbahujalandanpelebaransetempatataudaerah-daerahterbatassemacamitusepertitampakpadaGambaratausesuaidenganinstruksiKonsultanPengawas.
Untuktujuanpembayarantidakadaperbedaan yang dilakukanantaratanahdasar (subgrade) di daerahgalianatau di daerahtimbunan.
Pekerjaanpenyiapantanahdasardilaksanakanbilapekerjaan lapis
pondasiagregatatauperkerasansudahakansegeradilaksanakan.

(2) PelaksanaanPekerjaan
(a) Mal Lengkungdan Mal Datar(Template and Straightedge)
Kontraktorharusmenyediakandanmenggunakanstraightedge untukmemeriksaketepatanpekerjaandanuntukmenjaminkesesuaiannyadenganketentuan-ketentuanSpesifikasi.

(b) PersiapanTempatPekerjaan
Pekerjaangorong-gorong, pipasaluran air, danstruktur-struktur minor lainnya yang berada di bawahposisitanahdasar, termasukurugan yang dipadatkan, harussudahselesaisebelumpekerjaanpenyiapantanahdasardimulai.Parit-parit, saluran, outlet drainase, danheadwall untukgorong-gorongharussudahberadadalamkondisisiapberfungsi agar drainasebekerjaefektifdanuntukmencegahkerusakanterhadapsubgrade karena air permukaan.
Daerah-daerahsubgrade yang tidaktepat/sesuaidenganelevasi yang ditentukan, karenapenurunanatausebab-sebab lain, atausudahrusaksejakselesainyapekerjaantanah, harusdibongkar, materialnyadigantiatauditambah, dipadatkandandiselesaikansampaikegaris, ketinggiandanpenampangmelintangsebagaimanapetunjukKonsultanPengawas.


 (c) DerajatKepadatan
Seluruh material sampaikedalaman 30 cm di bawahelevasitanahdasarharusdipadatkansekurang-kurangnya 100 % darikepadatankeringmaksimumsebagaimanaditentukansesuaidengan AASHTO T 99 padarentangkadar air - 3% sampaidengan +1% darikadar air optimum di laboratorium. ApabilatidakditentukanlaindalamGambar, nilai CBR minimum yang diharuskanuntuksubgrade padapekerjaanperkerasanjalandalamkontrakiniadalahsebesar 6 %.

(d) Tanah Dasar di Daerah Galian
Bilatanahdasarberadapadadaerahgalian, makasubgrade iniharusdibentuksesuaipenampangmelintangdanmemanjangjalan,tetapidenganketinggian yang lebihtinggidaripadaelevasiakhir, setelahmemperhitungkanadanyapenurunanelevasiakibatpemadatan. Tanah harusdipadatkandenganalatpemadat (compactor) yang telahdisetujui, dansebelumpemadatankadarairnyaharusdisesuaikandengancaradisiram air melaluitruksprinkler yang telahdisetujui.
Sebelumsuatusumbertanahakandigunakansebagai material subgrade, harusmendapatpersetujuandariKonsultanPengawas. Untukpenambahankadar air ataupengeringantanahsubgrade harusdigarubeberapa kali untukmenghasilkankadar air yang seragam (homogen).
BilakarakteristikalamiahtanahsedemikianrupasehinggatidakmemungkinkantercapainyaCBR minimum sebesar 6 % dengandipadatkansesuaiketentuandalamSpesifikasi.
Tanah bongkaran yang memenuhisyaratsebagaitanahtimbunandapatdigunakansebagaitanahtimbunan, sedangkantanahbongkaran yang tidakmemenuhisyaratsebagaitanahgalianbiasamakatanahtersebutharusdibuang.

(e) Tanah DasarpadaTimbunan
Bilatanahdasarakandibuatpadatimbunan, material yang diletakkanlebihdarisatu lapis padabagianatastimbunansampaikedalaman 30 cm di bawahelevasitanahdasarharusmemenuhiketentuanpemadatan.Ukurandanjenisalatpemadat yang diterimaolehKonsultanPengawasharusdigunakanuntukpemadatandankadar air harusdisesuaikansebagaimanamestinya agar diperolehkepadatankeringmaksimum.


(f) PerlindunganuntukPekerjaan yang TelahDiselesaikan
Setiapbagiantanahdasar yang telahdiselesaikanharusterlindungdarikemungkinanmengeringdanretak,harusdiperbaikitanpaadapembayarantambahan.

(g) LaluLintasdanPerbaikan
Kontraktorharusbertanggungjawabatassegalaakibatdarilalulintas yang memasukilapisantanahdasar, danKontraktordapatmelarang/menutupjalanbilasudahmembuatjalansementara (detour) atautengahmengerjakansetengahlebarjalan.Kontraktorharusmemperbaikibekasrodakendaraannyasendiriatau orang laindenganmembentukdanmemadatkanlagidenganmemakaialatpemadatdenganukurandantipe yang diperlukanuntukperbaikanitu. Kontraktorharusmenyusunpenyiapantanahdasardanpenghamparan lapis pondasiagregat (sub-base) secaraberurutan.

DOWNLOAD FILE ini disini 
https://drive.google.com/file/d/0BwOEmPxGJ6MhSGZGNHBSWHV3QlE/view
https://drive.google.com/file/d/0BwOEmPxGJ6MhdHhfSUlDZVpvdTQ/view

BACA JUGA

No comments:

Post a Comment